Monday, March 18, 2019

"Membuka Gudang Ilmu Menuai Peradaban Pengetahuan baru Era Revolusi Pendidikan 4.0"

Pengalaman mengikuti VCT Seameo Seamolec Batch 2
Me Vs The Wall

Awalnya ada pemberitahuan di salah satu grup wattsapp saya, kalau tidak salah Grup Guru PPKn Indonesia yang share Pak Hesbon dari Papua . Lihat ada pelatihan online, yang mengadakan Seamolec pula, judulnya juga wow "Virtual Coordinator Trainer". Kok sepertinya serem banget. Apa ini ya....  Maka saya baca saja tapi no comment. Berat nih sepertinya, saya guru yg gapteknya nanggung. Tidak pinter TI tapi suka internet, meski hanya ber- medsos dan berselancar bebas.  Maka terabaikanlah info itu.

Kemudian beberapa waktu sesudahnya di Grup wattsapp lain,  tergoda dengan postingan teman Pak Nazarudin dari Langkat yang sudah daftar pelatihan VCT itu dan katanya hari itu terakhir. Maka... taraaaa...  kumatlah sifat nekat dan iseng saya. lalu tiba-tiba klik dan daftar.

Beberapa hari tak ada kabar, lalu saya tiba-tiba masuk dalam sebuah grup wa. Namanya VCT 8. Ternyata peserta yang daftar saat-saat terakhir dimasukkan ke grup tersebut. sehingga yang didalamnya berasal dari berbagai daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Ada sekitar 200 orang disitu.

Awalnya bingung, rendah diri karena gaptek dan tidak banyak yg kenal disitu.Teman lain dan mentor disitu pinter-pinter luarbiasa. Ya Allah apalah saya ini, hanya bagai remah-remah rengginang.  Meski gurih dan kriuk tetap saja hanya serpihan kecil yang sering diabaikan orang. 
Kemudian dikirimi materi berupa link-link tutorial. disuruh belajar sendiri. Berlanjut diberi tugas-tugas sebagai syarat pelatihan. Yaitu untuk aktif bertugas dalam video conference sebagai presenter, moderator, dan host. masing-masing 2 kali.
Masih bingung , swear ..... , apa yang harus dilakukan. Tapi mau keluar kok sayang karena sepertinya bagus. Akhirnya seperti slogan kuis TV jaman dulu "hadapilah tembokmu" .  Me vs the wall. Tembok keminderan, kegaptekan, kekhawatiran, dan lain-lain. Hadapi, jalani, nikmati....

Maka kemudian saya terhanyut mengalir bersama aliran ilmu dan persahabatan maya. Hal yang sedikit janggal tapi kemudian terbiasa, tidak pernah kenal langsung dengan teman-teman disitu tapi tiba-tiba ada rasa senasib sepenanggungan. Puncaknya pada saat penyelesaian tugas, deadline waktu yang ada,  kondisi gamang dan bingung melaksanakan tugas, Ternyata di grup  tercipta kondisi saling bantu baik secara japri maupun terbuka. Dan itu menyentuh hati. Orang yang tidak kita kenal mau membantu dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Ketika banyak sifat manusia di jaman penuh kecanggihan teknologi katanya individual, egois, dan lain-lain. Dalam grup pelatihan yang berbasis teknologi ini  ini saya malah menemukan sebaliknya. Kearifan dan kebijaksanaan. Saling bantu, tolong menolong, saling peduli, dan lain-lain. 

Hal yang membuat saya tersadar teknologi canggih tetap akan memanusiakan manusia selama kita tetap mengasah nurani kita. Manusia adalah pelaku, penggerak,  bahkan "pencipta" segala kecanggihan teknologi. Kita adalah subyek dan bukan obyek. Maka pelatihan VCT yang awalnya saya takut dan gaptek dengan berbagai teknologi yang digunakan tersebut tiba-tiba terasa ramah dan manusiawi. Dan itu menguatkan saya menyelesaikan tugas, hingga membuat saya termasuk dalam peserta sesi pertama yang lulus dan mendapat sertifikat. Senang sekali waktu itu sampai saya upload di Instagram dan Facebook. Kebahagiaan saya karena berhasil merobohkan tembok. Tembok ketakutan, kegaptekan, keminderan terhadap TI.

Ini adalah Flyer atau poster yang menjadi bukti penyelesaian tugas saya sebagai presenter. langsung 2x sehari biar cepat selesai. 


Yang diatas ini adalah sertifikat yang saya dapatkan. setelah berhasil menyelesaikan tugas dalam pelatihan itu. 

Terimakasih tak terhingga kepada para mentor di Grup VCT 8 : Bu Siti Zulaiha, Pak Khairudin, Bu Umi Tira, Pak Agus Supriyatna, Pak Sarono, Bu Wahyu Widiati, Pak Eka Yuda, dan lain-lain.
Terimakasih pada teman2 pelatihan yang bersama-sama melaksanakan penyelesaian tugas hingga selesai.

Alhamdulillah, bersyukur pada Allah Azza wa Jalla, pelatihan VCT Batch 2  ini adalah pengalaman yang menarik dan menyenangkan, kebahagiaan saya merobohkan "tembok" saya sendiri, bermodalkan wifi, laptop, dan smartphone meski banyak halangan akhirnya berhasil diselesaikan.


8 comments:

  1. Hebat hebat hebat

    To be inspiring teacher
    With sharing and growing together

    ReplyDelete
  2. Mantap Bun, ternyata rasa bunda dg rasa sy 11 12, kira2 begitulah. Nah sy pun ucapkan terima kasih pada Bunda dan instruktur yg lain telah membawa sy ke pengalaman luar biasa, dunia ilmu yg luas dan tak bertepi. Selamat dan terima kasih Bunda Nur

    ReplyDelete
  3. Mantap bun.Sama seperti Saya awalnya ternyata. Serunya lagi pas jadi presenter adaaa ajaaa kendalanya, padahal biasanya pas g jadi pemateri lancar2 saja.
    Terima kasih bu bimbingan Dan inspirasinya

    ReplyDelete

Ucapan Lebaran yg indah dan syahdu...

 ﷽ 70 UCAPAN LEBARAN IDUL FITRI 2022 Seluruh umat muslim akan menyambut datangnya hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri. Sudah menjadi tradi...